tips_pintar_media_sosial
Tips Pintar Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda
Teknologi

Media sosial dan teknologi semakin berkembang dan mampu mengubah sistem pemasaran. Belanja lewat media sosial kini sudah menjadi semakin umum dilakukan di Indonesia. Sehingga semakin banyak orang yang melakukan perdagangan lewat media sosial. Dulu banyak konsumen yang tertarik membeli produk dari iklan di televisi dan di koran, sekarang tidak hanya melalui iklan di televisi maupun koran konsumen dapat melihat berbagai jenis iklan di media sosial. Banyak pebisnis sukses karena memasarkan bisnisnya melalui sosial media.

Pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi untuk mempermudah pemasaran bisnis Anda adalah salah satu strategi yang pada saat ini dapat digunakan. Banyak keuntungan dari media sosial salah satunya karena akses yang mudah, jaringan luas, cara kerja yang cepat dan juga biaya yang murah akan dapat memberikan dampak yang positif dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Berikut tips yang dapat membantu Anda untuk menggunakan media sosial pada bisnis Anda.

1. Konsisten menggunakan nama brand yang sama pada semua profil sosial media

Sangat penting untuk menggunakan nama yang sama pada semua media sosial seperti di Instagram, Facebook, Twitter, serta LinkedIn. Nama yang sama mempermudah Anda untuk melakukan branding dan selling. Konsistensi dibutuhkan agar konsumen mudah mengingat nama dari bisnis Anda. Tidak hanya nama, gunakan logo dan karakter yang sama pada akun di semua sosial media. Nama brand yang konsisten di media sosial dapat membantu bisnis Anda untuk selalu bisa ditemukan dengan mudah oleh konsumen di semua platform.

2. Pilih sosial media dengan audiens yang aktif  

Anda tidak perlu selalu update secara aktif di setiap platform sosial media, namun Anda harus sering untuk meng-update di platform yang memiliki audiens teraktif. Misalnya, Anda berjualan produk pulsa, paket data dan pembayaran tagihan PPOB dan ternyata audiens Anda lebih banyak aktif di Instagram. Cobalah untuk lebih aktif di Instagram agar brand Anda semakin melekat pada konsumen. Fokus dalam memilih sosial media mana yang paling berdampak pada bisnis Anda. Memilih platform yang tepat untuk mempromosikan brand atau produk Anda dapat menentukan keberhasilan atau kegagalannya bisnis Anda.

Menurut Langstedt & Hunt (2017) Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, dan Pinterest adalah situs jejaring sosial paling populer. Banyak dari platform ini dibangun untuk tujuan tertentu dan menargetkan demografis tertentu. Sangat penting bagi Anda untuk meneliti karakteristik setiap platform media sosial untuk memilih platform terbaik untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda.

Sumber : https://strategicsocialmedialab.com

3.       Bangun brand engagement di media sosial

Pada bisnis pentingnya membangun sebuah brand engagement pada konsumen. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan gaya Bahasa yang biasa digunakan oleh konsumen Anda. Gaya Bahasa dapat menjadi langkah yang tepat untuk mendorong konsumen pada media sosial bisnis Anda melakukan sesuatu pada postingan Anda seperti: berkomentar terhadap postingan Anda, memberikan feedback berupa ulasan pada bisnis Anda atau bahkan membeli produk Anda. Gunakan  kunci, frase, emoji atau hastag untuk membuat konsumen merasa dekat dengan Anda. Hal ini dapat membuat konsumen lebih mudah menangkap pesan-pesan promosi yang Anda lakukan. Cobalah melakukan pendekatan kepada target konsumen dengan menggunakan bahasa mereka.

4. Sematkan tautan dari sosial media menuju website bisnis Anda

Saat ini banyak konsumen yang menuntut kemudahan dan kenyaman dalam membeli produk. Media sosial dapat menjadi tempat untuk mendorong dan mengubah audiens  Anda menjadi konsumen. Anda dapat memberikan tautan di sosial media bisnis Anda. Sehingga cukup dengan click pada postingan di sosial media bisnis Anda, konsumen dapat langsung terhubung ke situs website Anda. Selain itu anda dapat menyematkan tautan di bio pada profil sosial media bisnis Anda. Namun Anda harus memastikan benar bahwa website Anda aktif dan terupdate. Jaringan media sosial terus melakukan perubahan untuk membantu pengguna bisnis, seperti fitur tagging dalam Instagram.

Kehadiran media sosial sangat penting untuk meningkatkan penjualan ke website bisnis online Anda. media sosial merupakan jembatan yang mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi website bisnis yang Anda jalankan. Website dan media sosial merupakan dua hal yang selalu berhubungan, bila Anda mampu memaksimalkan pemasaran di media sosial maka akan meningkatkan konsumen di website Anda hal ini juga akan menambah keuntungan dari bisnis Anda.

"Baca Juga : Kiat Sukses Bisnis Online Melalui Strategi Digital Marketing"

Billfazz Ranger April 21, 2020 16 views
Related Articles
Server Pulsa untuk Pebisnis Pulsa dan PPOB
Server Pulsa untuk Pebisnis Pulsa dan PPOB
Berikut ini penjelasan tentang apa itu chip, aplikasi jual pulsa, dan server pulsa yang perlu Anda ketahui,
Billfazz Ranger April 6, 2020 258 views
Tips_Aman_dan_Anti_Buffering_Menggunakan_Internet saat Traveling
Tips Aman dan Anti Buffering Menggunakan Internet saat Traveling
Tips berikut bisa kamu coba untuk aman internetan tanpa buffering.
Billfazz Ranger February 12, 2020 80 views
Tips Memilih Biller yang Profesional untuk Mendukung Bisnis PPOB Anda
Tips Memilih Biller Profesional untuk Mendukung Bisnis PPOB Anda
Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam memilih partner Biller atau Billing Aggregator yang profesional.
Billfazz Ranger February 18, 2020 449 views
AWS Pop Up Loft: Partisipasi Aktif dan Keterlibatan Perempuan di Industri Teknologi Digital
AWS Pop Up Loft: Partisipasi Aktif dan Keterlibatan Perempuan di Industri Teknologi Digital
Partisipasi perempuan di sektor Teknologi di Indonesia hanya menyentuh 31%. Bagaimana tanggapan Anda?
Billfazz Ranger November 25, 2019 115 views
Aktivitas Masyarakat Indonesia saat Terhubung ke Internet
Aktivitas Masyarakat Indonesia saat Terhubung ke Internet
Berikut ini ada beberapa pemaparan terkait dengan aktivitas masyarakat Indonesia saat terhubung ke internet.
Billfazz Ranger April 9, 2020 38 views