Jelang bulan Ramadhan Lakukan 5 Hal Berikut Untuk Menjaga Keuangan Anda
Jelang bulan Ramadhan Lakukan 5 Hal Berikut Untuk Menjaga Keuangan Anda
Financial

Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari dan saatnya kita mempersiapkan hati yang damai serta fisik yang kuat untuk beribadah puasa satu bulan.

Sering kali kita temukan harga bahan baku sembako meningkat jelang Ramadhan. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan kita mengingat selama bulan Ramadhan kebutuhan pribadi kita juga akan meningkat.

Biasanya kita akan kewalahan dalam mengelola keuangan saat bulan Ramadhan tiba, hal yang perlu kita antisipasi adalah bukan harga sembako yang meningkat, namun kontrol diri untuk belanja dengan bijak.

Untuk tetap menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil dan sehat jelang bulan Ramadhan, berikut ini ada 5 langkah yang dapat dilakukan,

Buat Skala Prioritas

Buatlah catatan kebutuhan bulanan dengan mengurutkan prioritas menggunakan nomor. Pastikan urutan nomor 1 adalah yang paling dibutuhkan. Mulailah secara rutin untuk mencatat kebutuhan dengan membuat urutan, hal ini akan membuat kalian terbiasa memprioritaskan sesuatu berdasarkan urutan prioritas.

Tidak ada salahnya menyisihkan waktu 10 - 15 menit setiap hari untuk selalu mengecek catatanmu. Catatan kebutuhan itu akan membantu Anda untuk lebih memperhatikan kebutuhan apa yang ada di urutan paling penting jelang bulan Ramadhan, sehingga pengeluaran lebih terjaga.

Gunakan Formula 40-30-20-10

Metode 40-30-20-10 sebenarnya lebih sering digunakan untuk mengalokasikan gaji bulanan di luar bulan Ramadhan, namun tidak ada salahnya jika kita coba aplikasikan saat bulan Ramadhan. 

Gunakan 40% dari penghasilan untuk membeli kebutuhan bulanan seperti bahan baku makanan, rempah - rempah dan bumbu dapur. Pastikan Anda masak di rumah untuk kebutuhan sahur dan buka puasa.

30% dapat Anda gunakan untuk membayar hutang bulanan atau credit card yang masih berjalan.

20% dapat Anda gunakan untuk buka puasa bersama dengan kerabat atau teman dekat.

10% dapat Anda gunakan untuk melakukan donasi dan sisihkan juga 2.5% untuk membayar zakat fitrah.

Lalu, tidak ada alokasi untuk menabung? Tenang, Anda dapat THR? Jika dapat THR, Anda bisa mengalokasikan 50% dari THR untuk tabungan dan 50% untuk dana darurat. Jika Anda tidak mendapat THR, maka lebih bijak untuk mengelola di 20% di atas. 

Bijak Menerima Undangan Buka Puasa Bersama

Berbuka puasa bersama adalah hal intim yang dapat kita lakukan bersama teman - teman dekat atau keluarga. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kondisi keuangan Anda. Anda tidak perlu menjadi konsumtif dengan berbuka puasa di tempat mewah.

Apabila Anda merasa perlu untuk mengadakan buka puasa bersama, Anda bisa mengadakan buka puasa bersama di rumah dengan mengundang kerabat atau teman - teman Anda. Tentunya, Anda dapat memasak sendiri, dan jangan sungkan untuk meminta teman - teman Anda membawa makanan lain. 

Berbagi makanan dengan metode potluck tentu akan menyenangkan, bukan?

Bijak Menggunakan THR

Menurut laporan okezone.com, 50% THR digunakan untuk belanja online oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tentu perlu menjadi concern yang kita perhatikan, jangan sampai hanya karena diskon yang besar kita terpengaruh untuk membeli segala sesuatu secara bersamaan. Ingatlah bahwa kita juga mempunyai kebutuhan lain setelah Lebaran usai. 

Hindari Hutang atau Paylater

Tawaran dan promosi untuk menggunakan kartu kredit atau Paylater tentu akan berdatangan saat momen Ramadhan. Anda hanya perlu menjadi lebih realistis untuk menjaga diri dan prinsip. Jangan terpengaruh dengan diskon 70-90%. Anda akan merasa kewalahan dengan keuangan setelah Lebaran usai apabila Anda terpengaruh bujuk rayu hutan dan Paylater selama Ramadhan.

Jadi, sudah jelas bukan tentang pentingnya menjaga keuangan Anda jelang bulan Ramadhan? Ayo mulai aplikasikan hal - hal di atas untuk tetap menjaga kesehatan keuangan Anda.

Billfazz Ranger March 23, 2020 126 views
Related Articles
BILLFAZZ_Blog_Waspada-Penipuan-Berkedok-Hadiah-untuk-Agen-PPOB
Waspada Penipuan Berkedok Hadiah untuk Agen PPOB
Semakin maraknya penipuan yang beredar di kalangan agen PPOB. Berikut hal yang harus anda perhatikan untuk menghindari modus penipuan!
Billfazz Ranger March 31, 2020 753 views
BILLFAZZ_Blog_aplikasi-e-wallet-di-hp
Di Balik Perang E-Wallet ada Bisnis Digital yang Menguntungkan
Pahami potensi E-Wallet untuk dijadikan bisnis digital yang menguntungkan.
Billfazz Ranger February 19, 2020 3 views
5 Hal Penting Seorang Business Owner Perlu Lakukan untuk Menjaga Kekompakan Tim
5 Hal Penting Seorang Business Owner Perlu Lakukan untuk Menjaga Kekompakan Tim
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang business owner untuk menjaga keutuhan tim,
Billfazz Ranger January 15, 2020 1 views
produktivitas-dan-potensi-bisnis-di-tengah-pandemi-virus-corona-(covid-19)
Produktivitas dan Potensi Bisnis di tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19)
4 Potensi bisnis yang tetap produktif di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Cek selengkapnya di sini!
Billfazz Ranger March 26, 2020 260 views